Tuesday, September 8, 2015

Belajar Tentang Website

Apa Itu Website

Web Site Disebut juga site, situs, situs web, atau portal. Secara makna sebuah website adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet tanpa terbatas ruang dan waktu. Website merupakan sebuah komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga menjadi media informasi yang menarik untuk dikunjungi oleh orang lain.
Sebuah website adalah representasi virtual anda atau bisnis anda yang berada di internet. Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat, semua orang menginginkan informasi dapat tersaji dengan cepat dan akurat. Tanpa melihat seberapa besar bisnis anda, apapun bisnis anda, sungguh disayangkan jika tidak memiliki website yang mana hampir semua calon konsumen menggunakan fasilitas ini untuk memenuhi kebutuhannya akan informasi produk-produk yang pasarkan.

JENIS-JENIS WEBSITE

- Website Profile
- Website Toko Online
- Website Catalog
- Website Komunitas
- Website Pendidikan
- Website Berita
- Website Personal (branding)
- Website Bisnis, dll

MANFAAT WEBSITE :

  1. Dengan memiliki website untuk usaha, berarti usaha sudah berada selangkah lebih maju dibandingkan competitor yang belum memiliki website.
  2. Meningkatkan brand/prestise perusahaan mata pelanggan dan calon pelanggan.
  3. Melalui website dapat memberikan informasi secara update kepada pelanggan. Baik berupa informasi produk atau dukungan terhadap produk yang telah dibeli.
  4. Website menampung produk dan informasi sebanyak-banyaknya. (Media advertising terbatas).
  5. Media Advertising (koran, tabloid, brosur) hanya pancingan saja. Pembaca akan mencari informasi lebih banyak melalui website Anda.
  6. Produk dan informasi akan terpublikasi ke seluruh dunia.(Media advertising hanya terbatas lokal saja).
  7. Sebagai tempat penjualan (Showroom) 24 jam selain toko nyata.
  8. Website adalah investasi super murah. Bandingkan dengan toko nyata yang harus sewa ruko, bayar listrik, bayar karyawan, telpon, dll.
  9. Memudahkan pelanggan menghubungi, dan mendapatkan informasi produk dan jasa.
  10. Mendapatkan Pelanggan Baru setelah melihat informasi yang menarik ada diwebsite.
  11. Salah satu kunci utama suksesnya sebuah website adalah website yang mampu menarik sebanyak mungkin pengunjung sebagai pelanggan.
Sekarang setalah mengerti tentang website kita lanjut ke berikutnya, Setiap Wesite pasti mempunyai domain dan hosting untuk bisa Online di Internet, Kita bahas lebih lanjut tentang domain dan hosting. 

Apa itu Domain dan Hosting

Apa Itu Hosting

Hosting adalah suatu space atau tempat di internet yang kita gunakan untuk menyimpan data-data situs kita. Entah itu situs perusahaan, situs pribadi, situs blog, dan lain sebagainya. Setiap situs yang hendak kita buat online sehingga banyak orang bisa mengaksesnya, harus disimpan pada suatu host. Kini banyak tersedia host-host yang ditawarkan yang ada di internet. Mulai yang berbayar, sampai yang gratis sekalipun. Yang gratis biasanya nama domain yang kita dapatkan hanyalah subdomain dari situs induk dimana kita mendaftar disitus tersebut. Contoh situs yang gratis adalah www.cjb.net www.000webhost.comwww.ripway.com dan masih banyak lagi.

Mungkin anda bertanya, bila ada hosting yang gratis, mengapa harus pakai yang berbayar? Ini pertanyaan yang menarik dan situasional menurut penulis. Domain berbayar menawarkan anda fitur-fitur yang tentu saja lebih lengkap dibanding yang gratis. Contohnya tersedianya fitur-fitur seperti: fitur FTP, fitur webmail, fitur mysql, bebas iklan yang tidak kehendaki, dan yang lain sebagainya.

Situasional? Mengapa saya tulis demikian? Karena bila anda dalam keadaan darurat, atau kemampuan finansial anda sedang down, tidak ada salahnya menggunakan hosting gratis. Toh yang terpenting itu nama domain situs anda. Orang-orang akan mengingat domain anda tersebut jikalau memang menarik.

Sedangkan hosting gratis banyak batasannya. Kita tidak bisa menentukan space yang akan kita gunakan, sering adanya iklan-iklan yang tidak kita kehendaki, aksesnya yang lambat, dan lain sebagainya.

Apa Itu Domain

Domain adalah nama situs anda yang unik di dunia internet. Unik disini berarti nama situs anda hanya andalah pemiliknya di internet. Contohnya google.com. Apakah ada situs lain selain google yang namanya sama? Tentu saja tidak ada. Nama google di internet hanya satu. Tidak seperti nama manusia, bisa jadi nama wita ada banyak orang yang menggunakannya bukan. Tentu saja.

Jadi domain adalah identitas anda diInternet. Kartu elektronis anda diinternet. Peluang bisnis anda diinternet.

Sedikit tentang teori domain. Sebenarnya, domain itu sendiri adalah alat pengingat untuk mempermudah manusia dalam mengakses komputer diinternet. Dalam dunia jaringan komputer, dikenal dengan nomor ip. Nah sebenarnya itulah kode yang digunakan komputer untuk mengakses suatu situs. Contoh nomor ip diinternet adalah 202.134.1.155. Itu hanya baru satu situs. Bayangkan bila anda bekerja pada beberapa situs yang berbeda. Tentu akan susah mengingat angka-angka tersebut bukan. Maka dari itulah dibuat fasilitas domain. Bila diumpamakan lagi, domain itu bagaikan buku telepon pada sebuah handphone. Orang-orang tentu lebih mengingat nama dibandingkan nomor telepon bila hendak ingin menghubungi seseorang bukan.

Memilih webhosting dan domain yang bagus

Banyak situs-situs webhost (penyedia jasa hosting) yang menyediakan hosting dan domain dengan harga yang beraneka ragam. Kebanyakan harga-harga yang ditawarkan tidak lagi semahal waktu yang dulu. Metode pembayarannya pun beragam. Mau dibayar perbulan, pertahun, dsb. 

Godaddy.com

$8.99 .COM Domains from GoDaddy!
Goddady.com adalah sebuah website yang menyediakan jasa penjualan Domain dan Housting Murah guna membuat blog,website,situs atau blog wordpress. Go Daddy sebagai perusahaan jasa penyedia domain, webhosting dan juga Server rupanya mempunyai cara menarik dalam memasarkan produknya agar cepat di kenal oleh setiap orang yang melihatnya. 

Walapun belum tentu konsumen mengenal produk apakah yang ditawarkan tersebut, produk yang di tawarkan oleh Go Daddy tersebut tentunya adalah Domain dan Webhosting serta Server namun kalau orang tidak mencermatinya mungkin iklan komersial Go Daddy tersebut adalah sebuah iklan pakaia dalam wanita atau semacamnya.

Hostgator

Apa itu Hostgator pasti banyak yang sudah mengenal web hosting ini, Hostgator merupakan salah satu penyedia layanan hosting yang terbaik di dunia. Hostgator banyak di rekomendasikan oleh para markerter dunia , banyak fasilitas yang di tawarkan oleh Hostgator, berikut diantaranya :
Anda dapat membayar secara bulanan , per 6 bulan maupun tahunan di Hosting Hostgator
  • Hostgator menawarkan Unlimited add domain, Unlimited subdomain , Unlimited Disk Space, Unlimited Bandwith, Unlimited Transfer, instant backup
  • Garansi up time server 99.9%
  • Garansi 45 hari uang kembali
Dan masih banyak hal yang di tawarkan di Hostgator, anda bisa mengunjungi di situs www.hostgator.com

0 comments:

Post a Comment